CARA SEDERHANA MENYEMBUHKAN PILEK PADA BAYI

Ini pengalaman pribadi aku saat Nafisah sedang pilek. Kasihan sekali melihat Nafisah nafasnya radak susah, saat tidurpun hidungnya berbunyi. “Nging,nging,nging” terasa tidak nyaman banget ngelihatnya. Orang dewasa saja kalau sedang pilek rasanya hidung gatel, nafas susah, tidur pun tidak bisa nyenyak. Nah, coba bayangi itu dirasakan anak kamu yang masih bayi. Sungguh gak rela banget ngelihat Nafisah sakit. Meskipun, Nafisah saat pilek gak sampai demam tinggi dan rewel. Tetap saja aku sangat khawatir dengan kondisi yang seperti itu.

Karena aku ibu muda yang baru pertama kali mengurus bayi sering banget cepat cemas dan khawatir kalau Nafisah mengalami sesuatu yang bikin dia gak nyaman. Terutama saat dia pilek. Nah, kali ini aku akan membagi tips sederhana mengobati pilek pada bayi. Mom, sebenarnya untuk mengobati pilek pada bayi gak perlu kasih obat atau buru-buru ke dokter untuk meminta pertolongan. Aku punya cara sendiri untuk menyembuhkan pilek Nafisah. Caranya sebagai berikut;

Setiap pagi aku jemur Nafisah hanya memakai celana dalam, dengan posisi tidur tengkurap dipangkuanku. Tepuk perlahan punggung bayi dan condongkan tubuh bayi ke depan. Aku siapkan air hangat yang baru mendidih. Air tersebut dicampur dengan minyak telon. Lalu, arahkan bagian muka bayi yang sedang tidur tengkurap diatas ember/baskom yang sudah diisi air hangat dan minyak telon.  Arahkan si bayi untuk menghirup uap air yang sudah dikasih minyak telon. Hati-hati jaga posisi muka bayi jangan terlalu dekat dengan air hangat. Ini yang dinamakan perawatan  uap sederhana dan ekonomis untuk bayi. Lalukan ini berulang kali setiap pagi sampai bayi mengelurkan ingus dari dalam hidungnya. Oh,ya. Perawatan uap ini memang bertujuan untuk mengeluarkan ingus yang terdapat didalam hidung. Jangan sedot lendir/ingus bayi dengan mulut ya, Mom. Bahaya banget!

Aku pribadi melakukan perawatan uap sederhana ini saat Nafisah sedang pilek. Alhamdulillah. Dua hari perawatan uap sederhana ini Nafisah sembuh dari pileknya. Oh,ya. Jangan lupa perbanyak pemberian Asi untuk meningkatkan daya tahan tubuh saat bayi sedang pilek. Ketika bayi sudah tertidur pulas oleskan minyak telon pada bagian luar hidung dengan cara memijat secara pelan. Insya Allah. Pilek akan segera sembuh. Lalukan secara rutin ya, Mom.

Semoga tulisan ini bermanfaat.

Dewi Ayu

Komen Artikel